5.000 bibit mangrove ditanam di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Surabaya, (ANTARA News) – Pertamina EP Leaders Forum 2019, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) di sektor eksplorasi migas bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melakukan penanaman 5.000 bibit mangrove di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar, Surabaya, Jatim, Selasa.

Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya, Joestamadji, menjelaskan tentang jenis mangrove ditanam di antaranya jenis Rhizophora yang fungsinya untuk menahan erosi menjadi tanah yang ada tidak tergerus dan terbawa air.

“Kalau di Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya ini rencananya akan kami tanami 250 jenis mangrove,” katanya.

Untuk prosesnya, menurut Joestamadji, pihaknya akan bekerja sama dengan banyak pihak, salah satunya adalah Pemerintah Kota Kyushu di Jepang.

Ia mengatakan, Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar ini adalah kebun raya pertama di Indonesia yang mengkhususkan diri pada jenis tanaman mangrove.

President Director Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf, mengatakan selain mendukung pengembangan Kebun Raya Mangrove, pihaknya juga membantu dua perahu untuk pengembangan wisata di kawasan itu.

“Di sini kami tanam 5. 000 bibit mangrove. Harapan kami, itu bisa turut mengurangi emisi, sedangkan bantuan dua buah perahu itu nantinya bisa membantu pengembangan wisata,” ujarnya.

Nanang mengatakan, kegiatan penanaman mangrove dan bantuan dua perahu wisata merupakan salah satu wujud komitmen Pertamina EP untuk tumbuh serta berkembang bersama masyarakat dan lingkungan.

“Kami memiliki semangat untuk terus tumbuh serta berkembang bersama masyarakat dan lingkungan. Itu bukan hanya jargon dan slogan semata,” katanya.*

Baca juga: Cegah abrasi pantai di Pati, duta wisata ikut tanam mangrove

Baca juga: Mahasiswa Tangerang tanam ribuan pohon mangrove

Pewarta:
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019