BBPPTP kembangkan aplikasi sertifikasi benih online

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan saat ini sedang mengembangkan sertifikasi benih online melalui aplikasi “Pesona Seribu” (Pelayanan Sertifikasi Online Nasional – Sertifikasi Benih Perkebunan). Aplikasi ini guna memberikan pelayanan yang mudah, cepat, tepat dan akurat dalam melakukan sertifikasi benih tanaman perkebunan.

Berdasarkan rilis yang diterima KONTAN, Jumat (9/11), produk akhir dari layanan sertifikasi benih tanaman perkebunan ini adalah Sertifikat Mutu Benih (SMB). SMB merupakan sertifikasi yang dipercaya pengujian mutu benih tanaman perkebunan untuk meningkatkan kualitas dari tanaman perkebunan.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No.136/Kpts/OT.240/2/2018 tentang Pelaksanaan Program Percepatan (Quick Wins) Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian, BBPPTP ditunjuk sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk sertifikasi benih. Maka dengan adanya aplikasi pesona seribu ini dapat mendukung percepatan dalam bidang pertanian secara konsisten dan berkesinambungan.

Aplikasi Pesona Seribu dapat di-download melalui Google Playstore atau melalui situs www.bbpptpmedan.com. Program ini sudah dilaunching pada tanggal 2 Mei 2018, dan selama berjalannya program ini akan dilakukan pengembangan-pengembangan untuk lebih sempurnanya program Pesona Seribu.

Masyarakat atau pemangku kepentingan yang dalam hal ini adalah produsen benih tanaman perkebunan atau petani perkebunan dapat menggunkana aplikasi ini untuk tujuan sertifikasi benih tanaman perkebunan.

Sertifikasi yang dimaksud meliputi sertifikasi kecambah kelapa sawit, sertifikasi bibit tanaman perkebunan, pengujian laboratorium mutu benih dan permohonan pemeriksaan pemasangan label. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat memberi manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan pelaku usaha.

Reporter: Kiki Safitri
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Reporter: Kiki Safitri
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Video Pilihan